tak bertajuk, tak apa kan…

indah KABAR dari WARTA

Psikologi Pantang Larang

Tengku MO

Semasa saya kanak-kanak hingga belia, banyak pantang larang yang mesti diturut, waktu itu saya tak tahu alasan masuk akal dari pantang larang itu. Sebagai anak yang ingin tetap dianggap patuh, tentu saja pantang larang itu saya diikuti saja.

Disetiap etnis dan daerah di negeri ini, tentu saja mempunyai pantangan-pantangan tertentu juga. Pamali kata Orang Sunda. Jika diamati, ternyata pantang larangan bukanlah hal yg mengada ada, tapi sesuatu yang berkaitan dengan identitas sosial.

Peter Weinreich (1985) menyebutkan bahwa identitas sosial, termasuk identitas etnik merupakan penggabungan ide-ide, perilaku, sikap, dan simbol-simbol bahasa yang ditransfer dari generasi ke generasi melalui sosialisasi. Jadi, identitas etnis seseorang tidak berhenti ketika orang ditasbihkan sebagai anggota etnis tertentu melalui bukti ‘darah’.

Secara psikologis, kalimat larangan semisal ‘jangan’, tak boleh’ atau ‘dilarang’, mengandung rasa ingin tahu. Anak-anak maupun orang dewasa memiliki kecenderungan yang sama, jika dilarang lantas bertanya ‘kenapa tak boleh’, maka reaksi selanjutnya adalah melakukan apa-apa yang dipantangkan itu untuk mengetahui sebab apa sesuatu itu dilarang.

‘Pantang duduk di bantal’, maka akan muncul pertanyaan ‘kenapa pantang duduk di bantal’. Karenanya muncullah pola pantang larang yang berupa Reverse Psychology ( psikologi terbalik) sesuai zaman pantang larang itu dikeluarkan.

Reverse psychology sangat sederhana,sesederhana pengertiannya sebagai psikologi kebalikan. Dia adalah seni manipulasi untuk kepentingan orang yang menggunakannya. Dia bisa merupakan psikologi kata-kata maupun tindakan. ‘Pantang duduk di bantal’ dengan reverse psychology-nya ‘Nanti pantat berbisul’.

Demikian indah dan santun nenek moyang merangkai tabu dengan pendekatan identitas sosial dan psikologis.*(TM Muhar Omtatok)

April 18, 2015 - Posted by | Kata Omtatok

1 Komentar »

  1. On peut faire confiance u00e0 Google et Mozilla (sans doute Opera plus tard) : Click http://www.l33turl.com/monday091730

    Komentar oleh alyssasingleton621 | April 9, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: