tak bertajuk, tak apa kan…

indah KABAR dari WARTA

Skripsi Pengenalan Citra Wajah Manusia

Pengenalan citra wajah merupakan proses untuk mengenali dan menentukan seseorang. Teknologi pengenalan citra wajah termasuk di dalam biometrik yang menggunakan karekteristik manusia. Saat ini pengenalan wajah dapat digunakan dalam berbagai hal, diantaranya untuk keamanan, pengenalan identitas pegawai, meningkatkan efisiensi dan efektifitas berbagai kegiatan, yaitu dengan mengurangi pemakaian kartu identitas dan kata sandi.

Sistem pengenalan yang diimplementasikan ini menggunakan model Jaringan Saraf Tiruan Adaptive Resonance Theory (ART). JST ART ini memiliki kemampuan untuk menerima informasi baru tanpa melupakan informasi sebelumnya, sama seperti cara kerja otak manusia. Untuk dapat mengidentifikasi citra wajah, jaringan saraf tiruan memerlukan preprocessing dan feature extracting terlebih dulu. Proses ekstraksi ciri dengan Principal Component Analysis (PCA) bertujuan untuk mendapatkan informasi ciri yang penting dari citra wajah dan nilainya diambil sebagai masukan untuk jaringan saraf tiruan. Pelatihan JST dilakukan untuk mendapatkan klasifikasi yang tepat dari masukan data latih citra wajah asli. Citra wajah dapat dikenali jika citra wajah tersebut masuk dalam salah satu kelas yang terbentuk dari proses pelatihan.

Dari hasil pengujian diperoleh tingkat keakuratan sistem pengenalan citra wajah dengan klasifikasi terbaik adalah sekitar 96% untuk bisa mengenali citra wajah asli, dan sekitar 80% – 100% untuk menolak citra wajah palsu.

sumber: robeeon.net


April 7, 2010 - Posted by | RUPA RUPA

3 Komentar »

  1. wah aplikasi jst banyak juga ya…..jadi pengen menguasai

    Komentar oleh zaki | Juni 12, 2010 | Balas

  2. KIRIM COTOH CONTOH PENGENALAN WAJAH MANUSIA KARENA PENGEN MENGETAHUI

    Komentar oleh dina | Desember 21, 2011 | Balas

  3. joss gan

    Komentar oleh cara merawat wajah | Oktober 6, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: